Blog

About Me ??

Foto saya
tangerang, banten, Indonesia
masih mencari jati diri yang makin lama makin gw gk ngerti.. but keep smile always ok.. ^^

Blog Archive

Universitas Gunadarma

Small text message

Followers

Perkembangan bisnis Informatika

Jumat, 01 Oktober 2010 - - 0 Comments

Berbicara masalah bisnis untuk saat ini sudah mulai meluas dan marak di berbagai aspek terutama di bidang informatika karena zaman yang telah berkembang dan menjadi sarana yang paling mudah, cepat, efektif dan efesien. Bisnis informatika merupakan disiplin ilmu baru yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi informasi , dan informatika. Tujuan informatika bisnis adalah untuk sepenuhnya mengintegrasikan komputer ilmu pengetahuan dan administrasi bisnis menjadi satu lapangan. 

 Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Para pebisnis dari berbagai perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah ataupun perusahaan kecil telah menerapkan sistem informatika agar mempermudah prosesnya, seperti : mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
Dan ada juga yang mnggunakan internet sebagai lahan penyebaran informasi. Saat ini internet bukan lagi sebagai ajang jejaring sosial saja. Kini banyak pelaku usaha yang meraup untung besar dengan mendirikan toko online di internet.


Perkembangan biisnis di bidang informatika telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha, lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan. Inovasi jasa layanan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan. Transaksi - transaksi yang berbasis elektronik, termasuk internet juga yang menggunakan HP merupakan perkembangan penyedia jasa dari berbagai perusahaan. 

Seseorang yang mampu dalam informatika bisnis akan bertindak sebagai jembatan agar terhubung manajemennya dengan sisi informasi perusahaan. Dengan memahami kedua belah pihak,  para ahli yang berkualitas dalam usaha informatika akan dapat membantu baik mereka yang membangun dan mereka yang menggunakan komputer dan sistem informasi. Banyak yang beranggapan bahwa perusahaan terstruktur sekitar informatika bisnis akan semakin menjadi nilai yang baik atau hasil yang memuaskan terutama terjadi pada bisnis dalam industri  yang memerlukan penyimpanan data besar.  
Sebagai usaha menjadi lebih didorong oleh kualitas informasi, perusahaan kemungkinan besar akan melihat kebutuhan untuk menerapkan informatika bisnis ke beberapa derajat, agar tetap kompetitif.
 
 





 

This entry was posted on 07.49 You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

  • Sponsors